Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt.karena berkat limpahan
rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyusun makalh ini tepat pada
waktunya.makalah ini membahas tetang sejarah olahraga pada masa Athena dan bangsa
romawi.
Dalam penyusunan makalah ini kami banyak mendapatkan hambatan tetapi dengan
bantuan dari berbagai pihak hambatan itu bisa teratasi. Oleh karena itu,kami
sebagai penyusun malakah ini mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.semoga bantuanya mendapatkan
balasan yang setimpal dari Allah swt.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk
penyusunan maupun materinya . keritik konstruktif dari pembaca sangat kami
harapkan untuk penyempurnaan makalh selanjutnya.akhir kata semoga makalah ini
dapat memberikan manfaat yang banyak pada kami sekalian AMIEN.
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sejarah olahraga dipahami sebagai
penerapan ilmu sejarah dalam konteks ilmu keolahragaan sebagai obyek kajiannya.
Sejarah olahraga merupakan satu bagian dari sejarah manusia, karena sejarah
olahraga sama umumnya dengan sejarah manusia sendiri dalam kehidupan manusia
yang primitive dijumpai hal-hal yang dikualifikasikan sebagai kegiatan
olahraga, oleh karena itu olahraga merupakan bagian dari peradaban manusia.Sejarah olahraga dapat mengajarkan kepada kita arti
mengenai perubahan masyarakat dan mengenai olahraga itusendiri.Olahraga
sepertinya melibatkan kemampuan dasar manusia yang dikembangkan
dan dilatih untuk kepentingannyasendiri, yang sejalan dengan dilatih demi
kegunaannya. Ini menunjukkan bahwa olahraga itu mungkin sama tuanyadengan
keberadaan manusia itu sendiri, yang memiliki tujuan, dan adalah cara yang
berguna untuk meningkatkankemampuan mereka dalam menaklukkan alam dan
lingkungan. Namun, jika kita melihat jauh ke belakang bukti-bukti yang
makin sedikit kurang mendukung.Isi [tutup] 1. Pra-Sejarah 2. Cina Kuno 3.
Mesir Kuno 4. Yunani Kuno 5. Eropa dan perkembangan globa
1.2 Rumusan Masalah
Bagaimana perkembangan olahraga pada masa Athena di Yunani Kuno ?
Bagaimana perkembangan olahraga pada masa Bangsa Romawi ?
1.3 Tujuan Pembahasan
Agar dapat mengetahui perkembangan
olahraga pada masa Athena di Yunani Kuno.
Agar dapat mengetahui perkembangan
olahraga pada masa Bangsa Romawi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 YUNANI KUNO
Banyaknya
cabang olahraga sudah ada sejak jaman Kerajaan Yunani Kuno. Gulat, Lari, Tinju,
lempar lembing danlempar cakram, dan balap kereta kuda adalah olahraga
yang umum. Ini menunjukkan bahwa Kebudayaan militer Yunani berpengaruh
pada perkembangan olahraga mereka.Pertandingan Olimpiade diadakan setiap
empat tahun sekali di Yunani. Pertandingan tidaklah diadakan hanyasebagai
even olahraga saja, tetapi juga sebagai perayaan untuk kemegahan individu,
kebudayaan, dan macam-macam kesenian dan juga tempat untuk menunjukkan
inovasi di bidang arsitektur dan patung. Pada dasarnya, evenini adalah
waktu untuk bersyukur dan menyembah para Dewa-Dewa kepercayaan Yunani. Nama
even ini diambildari Gunung Olympus, tempat suci yang dianggap tempat hidupnya
para dewa. Gencatan senjata dinyatakan selamaPertandingan Olimpiade, seperti
aksi militer dan eksekusi untuk publik ditangguhkan. Ini dilakukan agar
orang-orang dapat merayakan dengan damai dan berkompetisi dalam suasana yang
berbudaya dan saling menghargai.
2.2 ATHENA
Athena terletak di timur yunani,merupakan polis yang paling menarik, paling
bebas dan paling makmur diantara polis-polis yang lain. Athena mencapai
puncaknya saat pemerintahan PERICLES(461-429 SM). Pendidikan di Athena bersifat
liberal, individual dan demokratis yang menuju pada EPHEBE Athena, yaitu warga
uang harmonis, sehat dan kuat, cerdas otaknya, serta luhur budi pekertinya.
Semua masyarakat Athena mendapatkan pendidikan sesuai dengan kedudukanya di
masyarakat. Orang kaya dan bangsawan harus belajar ilmu pengetahuan dan
kebudayaan, sedangkan orang miskin diajarkan bertani dan kerajinan tangan,
demikian juga anak-anak diajari membaca, menulis dan berenang. Saat berumur 7
tahun anak-anak mendapatkan pendidikan seperti : Membaca, berhitung, dan
menghafal sajak-sajak, serta belajar menyanyi. Umur antara 14-18 tahun baru di
beri latihan jasmani yaitu berupa senam. setelah umur 20 tahun mereka baru
diakui sebagai warga Negara penuh yang berhak dan berkewajiban seperti orang
dewasa. Latihan – latihan jasmani untuk anak-anak orang yang kaya dilakukan di
GYMNASIUM,yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pada otot-otot tubuh dapat
berkembang dengan sebaik baiknya tanpa halangan.
Untuk menghormati dan memuja para dewa,maka bangsa yunani melakukkan suatu
pesta,yan suatu pesta,yaitu :
1.
OLyipia
Pesta ini
diadakan tiap 4 tahun sekali digunung Olyimpus untuk menghormati dewa
ZEUS.pesta ini hanya berlangsung 5 hari,namun orang-orang yunani memandang
sebagai sesuatu yang agung.pesta OLyimpia memperlombakan lari,lompat
jauh,lompat tinggi dan lempar cakraam,serta lomba mengubah music,dan meniup
trompet.para pemenang di setiap lomba menerima mahkota dari daun salam.juga
disini cabang olahraga yang terkenal adalah marathon.
2.
Phytia
Awalnya
pesta ini pesta musikk untuk menghormati dewa APOLLOdi (dewa cahaya dan
kebenaran).kemudian ditambah dengan pesta olahraga.olahraga yang paling
menonjol adalah pacuan kuda dan perlombaan kereta.
3.
Isthmia
Perlombaan
atau pertandingan yaitu berkuda,bersampang dan music,yang tujuanya untuk
menghormati dewa POSEIDON (dewa laut).cabang olahraga yang lainya adalah main
bola angkat besi,tinju,gulat,pertarungan antara gladiator dan perkelahian
antara manusia dengan binatang.
4.
Nemea
Pesta ini
bertujuan untuk menghormati dewa HERA (istri dewa ZEUS).dan cabang yang
diperlombakan hampir sama dengan pesta Isthmia
2.3 BANGSA ROMAWI
Romawi adalah suatu Negara republic
yang independen.negara romawi dengan system pemerintahan OLIGHARKI
LIBERAL,membagi penduduk menjadi dua golongan , yaitu :
1. Kelompok Aristokrat
kaya (patricia) yang di anggap sebagai warga Negara yang penuh dan yang
bercahaya menjadi pimpinan dibidang militer dan politik.
2. Kaum Peblea, yaitu
terdiri sebagian besar penduduk di anggap sebagai warga Negara secara tidak
penuh,tetapi mereka masih memperoleh pengakuan hak positif dan perkenankan
untuk mengumpulkan kekayaan.bangsa romawi peradapan yang merupakan perpaduan
antara peradapan atau kebudayaan yunani kuno dengan peradapan timur
Di bidang organisasi
militer,pemerintah,hukum dan tehnik,bangsa romawi memiliki kemampuan yang jauh
lebih tinggi dari bangsa manapun dari masa itu.dibidang militer romawi memiliki
disiplin tinggi serta organisasi yang baik. Pendidikan kemiliteran sangat
mengutamakan kebranian , kesetiaan serta dedikasi yang tingg pada Negara.
Di usia sampai 15 tahun pendidikan
menjadi tanggung jawab keluarga,yaitu ibu dan ayah.ibu mengajarkan sopan
santun,berpakaian dan membersihkan diri.pendidikan yang diberikan ibu merupakan
bagian yang berhubungan dengan kebutuhan praktisi untuk kehidupan sehari hari
dan bertujuan untuk di persiapkan anak mampu menerima pendidikan
berikutnya.pendidikan berikutnya merupakan tanggung jawab ayah untuk
mengajarkan membaca,berhitung,menulis,berenang dan menggunakan senjata,serta
undang-undang pemerintahan.
Di usia 15-17 tahun anak-anak bangsa
romawi harus mempelajari beberapa pengetahuan antara lain undang-undang pertama
Roma yang tertulis yang berlaku dimasyarakat,juga harus menguasai syair-syair
serta sejarah kepahlawanan.pada usia 18 tahun semua anak laki-laki harus masuk
asrama militer untuk di latih dan di bina ketrampilan berperang.sebelum
memasuki masa dewasa dan pemuda-pemuda diajari politik dengan mengikuti
siding-sidang SENAT. Pada usia 20 tahun mereka diakui sebagai warga Negara
dewasa yang berkewajiban dan mempunyai hak dalam semua bidang kehidupan
bernegara.olahraga yang popular dimasyarakat adalah HARPASTUM (main bola) dan
angkat besi.juga mereka menggemari tontonan yang berupa tinju,PANCRATION
(gabungan tinju dan gulat),gladiator dan perkelahian antara manusia dengan
binatang.masyarakat romawi sangat memuji muji para pemenang dalam pertandingan
dan perkelahian itu.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
3.1.1 Zaman Athena
Athena terletak di timur yunani, merupakan polis yang paling menarik.
Pendidikan di Athena bersifat liberal, individual dan
demokratis Jadi pendidikan di jaman athena itu
dilakukan sesuai dengan kedudukan masyarakat.seperti contoh yaitu orang miskin
itu pendidikanya berbeda dengan orang kaya.kalau orang miskin itu pendidikanya
seperti bercocok tanam,bertani dan kerajinan tangan sedangkan orang kaya itu
mendapatkan pendidikan seperti belajar ilmu pengetahuan dan kebudayaan.begitu
juga dengan anak – anak gaya pembelajaranya juga berbeda.
Olahraga yang ada pada zaman athena adalah lari,lompat jauh,lompat tinggi
dan lempar cakraam, mengubah music, meniup trompet, marathon, pacuan kuda dan
perlombaan kereta main bola ,angkat besi,tinju,gulat,pertarungan antara
gladiator dan perkelahian antara manusia dengan binatang.serta peraturanya pada
zaman athena itumasih sederhana.
3.1.1 Zaman
bangsa romawi
Romawi adalah suatu Negara republic
yang independen ,membagi penduduk menjadi dua golongan , yaitu :
1.
Kelompok Aristokrat kaya (patricia)
2.
Kaum Peblea
Jadi pada bangsa romawi gaya pendidikan pada masa itu lebih menekankan
kepada anak-anak untuk mengedepankan rasa tanggung jawab keluarga, misalnya ibu
mengajarkan kepada anaknya dengan sopansantun, berpakaian dan membersihkan
diri, sedangkan ayah mengajarkan membaca,berhitung,menulis,berenang dan
menggunakan senjata,serta undang-undang pemerintahan. Itu diajarkan ketika
mereka masuk umur 15-17 tahun. pada usia 18 tahun semua anak laki-laki harus
masuk asrama militer untuk di latih dan di bina ketrampilan berperang. olahraga
yang popular dimasyarakat adalah HARPASTUM (main bola) dan angkat besi.juga
mereka menggemari tontonan yang berupa tinju,PANCRATION (gabungan tinju dan
gulat),gladiator dan perkelahian antara manusia dengan binatang.
Daftar Pustaka
Sudjana I
Nengah, S.pd, M.Pd,2009,Sejarah Olahraga dan Pendidikan
Jasmani,Malang,Universitas Negeri Malang,
Mu’arifin,
M.Pd,2009,Dasar-dasar Jasmani dan Olahraga,Malang,Universitas Negeri Malang,
http://www.scribd.com/maikelmikail/d/22540547-Sejarah-olahraga
mantap
ReplyDelete