Pengertian dan Sejarah Olahraga


Kata Pengantar

            Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt.karena berkat limpahan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyusun makalh ini tepat pada waktunya.makalah ini membahas tetang sejarah olahraga pada masa Athena dan bangsa romawi.
            Dalam penyusunan makalah ini kami banyak mendapatkan hambatan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak hambatan itu bisa teratasi. Oleh karena itu,kami sebagai penyusun malakah ini mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.semoga bantuanya mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah swt.
            Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya . keritik konstruktif dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan makalh selanjutnya.akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat yang banyak pada kami sekalian AMIEN.
                                                                                                               





                                                                                                            Penyusun






 





BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Sejarah olahraga dipahami sebagai penerapan ilmu sejarah dalam konteks ilmu keolahragaan sebagai obyek kajiannya. Sejarah olahraga merupakan satu bagian dari sejarah manusia, karena sejarah olahraga sama umumnya dengan sejarah manusia sendiri dalam kehidupan manusia yang primitive dijumpai hal-hal yang dikualifikasikan sebagai kegiatan olahraga, oleh karena itu olahraga merupakan bagian dari peradaban manusia.Sejarah olahraga dapat mengajarkan kepada kita arti mengenai perubahan masyarakat dan mengenai olahraga itusendiri.Olahraga sepertinya melibatkan kemampuan dasar manusia yang dikembangkan dan dilatih untuk kepentingannyasendiri, yang sejalan dengan dilatih demi kegunaannya. Ini menunjukkan bahwa olahraga itu mungkin sama tuanyadengan keberadaan manusia itu sendiri, yang memiliki tujuan, dan adalah cara yang berguna untuk meningkatkankemampuan mereka dalam menaklukkan alam dan lingkungan. Namun, jika kita melihat jauh ke belakang bukti-bukti yang makin sedikit kurang mendukung.Isi [tutup] 1. Pra-Sejarah 2. Cina Kuno 3. Mesir Kuno 4. Yunani Kuno 5. Eropa dan perkembangan globa

1.2     Rumusan Masalah
Bagaimana perkembangan olahraga pada masa Athena di Yunani Kuno ?
Bagaimana perkembangan olahraga pada masa Bangsa Romawi ?

1.3     Tujuan Pembahasan
Agar dapat mengetahui perkembangan olahraga pada masa Athena di Yunani Kuno.
Agar dapat mengetahui perkembangan olahraga pada masa Bangsa Romawi.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1 YUNANI KUNO
Banyaknya cabang olahraga sudah ada sejak jaman Kerajaan Yunani Kuno. Gulat, Lari, Tinju, lempar lembing danlempar cakram, dan balap kereta kuda adalah olahraga yang umum. Ini menunjukkan bahwa Kebudayaan militer Yunani berpengaruh pada perkembangan olahraga mereka.Pertandingan Olimpiade diadakan setiap empat tahun sekali di Yunani. Pertandingan tidaklah diadakan hanyasebagai even olahraga saja, tetapi juga sebagai perayaan untuk kemegahan individu, kebudayaan, dan macam-macam kesenian dan juga tempat untuk menunjukkan inovasi di bidang arsitektur dan patung. Pada dasarnya, evenini adalah waktu untuk bersyukur dan menyembah para Dewa-Dewa kepercayaan Yunani. Nama even ini diambildari Gunung Olympus, tempat suci yang dianggap tempat hidupnya para dewa. Gencatan senjata dinyatakan selamaPertandingan Olimpiade, seperti aksi militer dan eksekusi untuk publik ditangguhkan. Ini dilakukan agar orang-orang dapat merayakan dengan damai dan berkompetisi dalam suasana yang berbudaya dan saling menghargai.

2.2 ATHENA
            Athena terletak di timur yunani,merupakan polis yang paling menarik, paling bebas dan paling makmur diantara polis-polis yang lain. Athena mencapai puncaknya saat pemerintahan PERICLES(461-429 SM). Pendidikan di Athena bersifat liberal, individual dan demokratis yang menuju pada EPHEBE Athena, yaitu warga uang harmonis, sehat dan kuat, cerdas otaknya, serta luhur budi pekertinya.
            Semua masyarakat Athena mendapatkan pendidikan sesuai dengan kedudukanya di masyarakat. Orang kaya dan bangsawan harus belajar ilmu  pengetahuan dan kebudayaan, sedangkan orang miskin diajarkan bertani dan kerajinan tangan, demikian juga anak-anak diajari membaca, menulis dan berenang. Saat berumur 7 tahun anak-anak mendapatkan pendidikan seperti : Membaca, berhitung, dan menghafal sajak-sajak, serta belajar menyanyi. Umur antara 14-18 tahun baru di beri latihan jasmani yaitu berupa senam. setelah umur 20 tahun mereka baru diakui sebagai warga Negara penuh yang berhak dan berkewajiban seperti orang dewasa. Latihan – latihan jasmani untuk anak-anak orang yang kaya dilakukan di GYMNASIUM,yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pada otot-otot tubuh dapat berkembang dengan sebaik baiknya tanpa halangan.
Untuk menghormati dan memuja para dewa,maka bangsa yunani melakukkan suatu pesta,yan suatu pesta,yaitu :
1.      OLyipia
Pesta ini diadakan tiap 4 tahun sekali digunung Olyimpus untuk menghormati dewa ZEUS.pesta ini hanya berlangsung 5 hari,namun orang-orang yunani memandang sebagai sesuatu yang agung.pesta OLyimpia memperlombakan lari,lompat jauh,lompat tinggi dan lempar cakraam,serta lomba mengubah music,dan meniup trompet.para pemenang di setiap lomba menerima mahkota dari daun salam.juga disini cabang olahraga yang terkenal adalah marathon.


2.      Phytia
Awalnya pesta ini pesta musikk untuk menghormati dewa APOLLOdi (dewa cahaya dan kebenaran).kemudian ditambah dengan pesta olahraga.olahraga yang paling menonjol adalah pacuan kuda dan perlombaan kereta.
3.      Isthmia
Perlombaan atau pertandingan yaitu berkuda,bersampang dan music,yang tujuanya untuk menghormati dewa POSEIDON (dewa laut).cabang olahraga yang lainya adalah main bola angkat besi,tinju,gulat,pertarungan antara gladiator dan perkelahian antara manusia dengan binatang.
4.      Nemea
Pesta ini bertujuan untuk menghormati dewa HERA (istri dewa ZEUS).dan cabang yang diperlombakan hampir sama dengan pesta Isthmia

2.3 BANGSA ROMAWI
Romawi adalah suatu Negara republic yang independen.negara romawi dengan system pemerintahan OLIGHARKI LIBERAL,membagi penduduk menjadi dua golongan , yaitu :
1.      Kelompok Aristokrat kaya (patricia) yang di anggap sebagai warga Negara yang penuh dan  yang bercahaya menjadi pimpinan dibidang militer dan politik.
2.      Kaum Peblea, yaitu terdiri sebagian besar penduduk di anggap sebagai warga Negara secara tidak penuh,tetapi mereka masih memperoleh pengakuan hak positif dan perkenankan untuk mengumpulkan kekayaan.bangsa romawi peradapan yang merupakan perpaduan antara peradapan atau kebudayaan yunani kuno dengan peradapan timur
Di bidang organisasi militer,pemerintah,hukum dan tehnik,bangsa romawi memiliki kemampuan yang jauh lebih tinggi dari bangsa manapun dari masa itu.dibidang militer romawi memiliki disiplin tinggi serta organisasi yang baik. Pendidikan kemiliteran sangat mengutamakan kebranian , kesetiaan serta dedikasi yang tingg pada Negara.
Di usia sampai 15 tahun pendidikan menjadi tanggung jawab keluarga,yaitu ibu dan ayah.ibu mengajarkan sopan santun,berpakaian dan membersihkan diri.pendidikan yang diberikan ibu merupakan bagian yang berhubungan dengan kebutuhan praktisi untuk kehidupan sehari hari dan bertujuan untuk di persiapkan anak mampu menerima pendidikan berikutnya.pendidikan berikutnya merupakan tanggung jawab ayah untuk mengajarkan membaca,berhitung,menulis,berenang dan menggunakan senjata,serta undang-undang pemerintahan.
Di usia 15-17 tahun anak-anak bangsa romawi harus mempelajari beberapa pengetahuan antara lain undang-undang pertama Roma yang tertulis yang berlaku dimasyarakat,juga harus menguasai syair-syair serta sejarah kepahlawanan.pada usia 18 tahun semua anak laki-laki harus masuk asrama militer untuk di latih dan di bina ketrampilan berperang.sebelum memasuki masa dewasa dan pemuda-pemuda diajari politik dengan mengikuti siding-sidang SENAT. Pada usia 20 tahun mereka diakui sebagai warga Negara dewasa yang berkewajiban dan mempunyai hak dalam semua bidang kehidupan bernegara.olahraga yang popular dimasyarakat adalah HARPASTUM (main bola) dan angkat besi.juga mereka menggemari tontonan yang berupa tinju,PANCRATION (gabungan tinju dan gulat),gladiator dan perkelahian antara manusia dengan binatang.masyarakat romawi sangat memuji muji para pemenang dalam pertandingan dan perkelahian itu.






BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.1.1 Zaman Athena
             Athena terletak di timur yunani, merupakan polis yang paling menarik. Pendidikan di Athena bersifat liberal, individual dan demokratis      Jadi pendidikan di jaman athena itu dilakukan sesuai dengan kedudukan masyarakat.seperti contoh yaitu orang miskin itu pendidikanya berbeda dengan orang kaya.kalau orang miskin itu pendidikanya seperti bercocok tanam,bertani dan kerajinan tangan sedangkan orang kaya itu mendapatkan pendidikan seperti belajar ilmu pengetahuan dan kebudayaan.begitu juga dengan anak – anak gaya pembelajaranya juga berbeda.
Olahraga yang ada pada zaman athena adalah lari,lompat jauh,lompat tinggi dan lempar cakraam, mengubah music, meniup trompet, marathon, pacuan kuda dan perlombaan kereta main bola ,angkat besi,tinju,gulat,pertarungan antara gladiator dan perkelahian antara manusia dengan binatang.serta peraturanya pada zaman athena itumasih sederhana.
3.1.1 Zaman bangsa romawi
Romawi adalah suatu Negara republic yang independen ,membagi penduduk menjadi dua golongan , yaitu :
1.      Kelompok Aristokrat kaya (patricia)
2.      Kaum Peblea
Jadi pada bangsa romawi gaya pendidikan pada masa itu lebih menekankan kepada anak-anak untuk mengedepankan rasa tanggung jawab keluarga, misalnya ibu mengajarkan kepada anaknya dengan sopansantun, berpakaian dan membersihkan diri, sedangkan ayah mengajarkan membaca,berhitung,menulis,berenang dan menggunakan senjata,serta undang-undang pemerintahan. Itu diajarkan ketika mereka masuk umur 15-17 tahun. pada usia 18 tahun semua anak laki-laki harus masuk asrama militer untuk di latih dan di bina ketrampilan berperang. olahraga yang popular dimasyarakat adalah HARPASTUM (main bola) dan angkat besi.juga mereka menggemari tontonan yang berupa tinju,PANCRATION (gabungan tinju dan gulat),gladiator dan perkelahian antara manusia dengan binatang.


Daftar Pustaka

Sudjana I Nengah, S.pd, M.Pd,2009,Sejarah Olahraga dan Pendidikan Jasmani,Malang,Universitas Negeri Malang,


Mu’arifin, M.Pd,2009,Dasar-dasar Jasmani dan Olahraga,Malang,Universitas Negeri Malang,

http://www.scribd.com/maikelmikail/d/22540547-Sejarah-olahraga



 http://www.scribd.com/maikelmikail/d/22540547-Sejarah-olahraga

1 Response to "Pengertian dan Sejarah Olahraga"

Komentar dengan bijak sesuai topik ! :*